• 07 Desember 2023
  • 78 Pembaca

Persiapan Libur Panjang & Natal, PLBN Mota’ain Alami Lonjakan Pelintas Warga Negara Asing

Tahun 2023 sudah memasuki bulan yang terakhir yang dimana pada bulan Desember ini seluruh umat Kristiani akan merayakan hari Natal. Terpantau pada hari ini, Kamis 7 Desember 2023 terjadi peningkatan arus perlintasan di PLBN Mota’ain Kabupaten Belu. Perlintasan didominasi oleh warga negara asing (WNA) pemegang Timor Leste yang hendak masuk ke Indonesia melalui gedung kedatangan PLBN Mota’ain.

Dari wawancara singkat petugas Imigrasi, diketahui bahwa pada hari ini pemerintah Timor Leste menetapkan hari libur nasional “Memorial Day” yaitu dalam rangka memperingati Ketika Portugal memberikan kemerdekaan kepada Timor Timur pada tahun 1975. Sedangkan esok hari Jum’at 8 Desember 2023 diperingati sebagai Hari Raya Agama Kristen Protestan sehingga terjadi libur Panjang dimulai hari ini hingga akhir pekan.

Terpantau WN Timor Leste yang tiba di PLBN Mota’ain menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun kendaraan umum seperti Bus Antar Negara maupun jasa tur dan travel untuk memasuki Indonesia. Selain adanya libur panjang seperti yang disebutkan diatas, para pelintas juga memanfaatkan  liburan ini untuk berbelanja barang kebutuhan di Kupang dan sekitarnya untuk kebutuhan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024.

Meningkatnya perlintasan di gedung kedatangan pada hari ini direspon cepat oleh petugas imigrasi TPI PLBN Motaain dengan memberikan kepastian pelayanan dan pemeriksaan yang cepat, tepat dan akurat sesuai prosedur yang berlaku. Sehingga jalannya proses perlintasan berjalan lancar, aman dan kondusif.

Komentar